Chrome Pointer

DausCND Foundation

Sunday, March 15, 2015

[Makalah] Efek Bahasa Kaskuser

EFEK BAHASA KASKUSER







Muhammad Firdaus Ramdani
A102.10.046




AKADEMI ANALIS KESEHATAN NASIONAL
SURAKARTA
2014/2015


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Bahasa merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi, dan di Indonesia kita memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia.
Di Indonesia sendiri ada berbagai macam bahasa yang digunakan masyarakat, dari bahasa daerah, bahasa khas seperti bahasa khusus dalam suatu organisasi/perkumpulan, dan bahkan bahasa alay. Dan disini saya akan membahas bahasa khas dari forum online terbesar di Indonesia yaitu Forum Kaskus.
Mungkin banyak dari kita mengenal arti kata bro, gan, dan maho. Kata-kata tersebut berasal dari forum ini, dan disini saya akan bahas satu-persatu asal mula kata-kata tersebut dan bahasa khas lain di Kaskus yang mungkin menjadi bahasa sehari-hari masyarakat yang bahkan bukan pengguna aktif forum Kaskus ini.
RUMUSAN MASALAH
1.    Apa saja kata-kata yang dimiliki bahasa khas forum Kaskus?
2.    Bagaimana sejarah terbentuknya kata-kata yang menjadi bahasa khas KASKUS bahkan digunakan masyarakat (pengguna internet) yang bukan pengguna aktif Kaskus?

TUJUAN PENULISAN
Dalam makalah ini, penyusun akan memaparkan tentang bagaimana bahasa khas yang dimiliki forum Kaskus, sehingga pembaca dapat mengetahui :
1.    Kata-kata khas dari forum Kaskus
2.    Sejarah beberapa kata dari forum Kaskus yang menjadi bahasa khas masyarakat yang bahkan bukan pengguna aktif Kaskus


BAB II
PEMBAHASAN

KASKUS adalah forum diskusi & jual beli terbesar di Indonesia. KASKUS adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.
KASKUS terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk.
Forum diskusi KASKUS kerap memberitakan informasi yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain. FJB KASKUS juga terbukti sebagai tempat paling lengkap untuk menemukan segala macam produk & jasa.
Di KASKUS juga tercipta jargon & istilah-istilah khas yang akhirnya menjadi budaya pengguna internet di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Juragan, Pertamax, Rekber, COD, dan istilah-istilah lainnya.

A.  Sejarah KASKUS
KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Di tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS adalah us atau kita.
Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini.
Di Indonesia, kantor KASKUS pertama berlokasi di daerah Mangga Besar, yang dibantu dengan 2 orang tenaga profesional. Dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia, langkah pertama yang dilakukan KASKUS adalah melakukan rebranding. Mematuhi UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang berlaku dan mendorong perilaku berinternet sehat, KASKUS mengambil langkah serius untuk menutup dua forum kontroversial yaitu BB17 (Buka-Bukaan 17 Tahun) dan Fight Club. Langkah tersebut diapresiasi baik oleh pengguna internet Indonesia, hal ini ditandai dengan meningkat pesatnya member KASKUS hingga 300% dengan jumlah member sebanyak 1,2 juta.
Di tahun 2009, untuk mengimbangi kebutuhan akan hal ini, maka kantor KASKUS pindah ke daerah Melawai. Disini tenaga profesional KASKUS bertambah hingga lebih dari 60 orang.
Sejak tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa.
Tahun 2011 KASKUS memulai kemitraannya dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan Indonesia yang berfokus untuk mengembangkan industri digital dan konten lokal Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan KASKUS yang lebih besar lagi, baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional & jaringan bisnisnya dalam usaha menjadi situs lokal nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di dunia. Mengimbangi ekspansi, KASKUS pun memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma dan menamakannya KASKUS Playground.
Tanggal 26 Mei 2012 menjadi saksi perjalanan KASKUS dimana KASKUS kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id, ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra KASKUS sebagai situs yang bervisi global namun tetap memiliki identitas Indonesia.
Agar senantiasa relevan dengan tren dunia digital, pada Mei 2014 KASKUS kembali meluncurkan versi baru yang dinamakan KASKUS Evolution. Pada versi ini KASKUS tampil lebih fresh, classy dan clean. Membuat navigasi yang lebih intuitif, fitur search yang lebih berkualitas di Forum serta Forum Jual Beli (FJB). Ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan member KASKUS yang telah mencapai lebih dari 6,5 juta member.

B.   Bahasa Khas KASKUS
1.     Juragan
Kata-kata Gan ternyata sudah menjadi ciri khas nya kaskus dan merupakan bahasa resmi nya kaskus, dan kata kata ini bahkan di ucapkan oleh pemain sepak bola, yakni Zico Sang Legenda Sepak Bola Bilang  "Sundul Gan!"
Bagaimana sejarah nya sehingga kata ini bisa tercipta? mari kita coba membahas nya kata gan merupakan Kata panggil yang biasa dipakai di forum-forum orang indonesia. Singkatan dari kata Juragan ini dia sejarahnya:
Dahulu sekitar tahun 2004-an. Sebuah user ID di kaskus bernama hitlerz lah yang sering terlihat membawa kata-kata gan ini sebagai kata sapaan, dimana ketika itu orang masih pada pakemnya dengan kata sapaan "boss" atau "bro". Mungkin hitlerz tersebut memang bukan yang pertama menyebut kata "juragan" atau "gan" ini sebagai kata sapaan. akan tetapi banyak orang-orang di kaskus sependapat bahwa user ID hitlerz ini lah yang mempopulerkannya keseluruh sub.forum dikaskus.
Kata juragan ini kemudian berkembang menjadi :
gan, agan, agan-agan (jamak), agan (sapaan pria), aganwati (sapaan wanita)
User ID hitlerz ini membawa kalimat ini ketika dia memuji atau berkomentar kepada postingan seseorang:
Angkat gelas buat juragan "(nama user ID dikaskus)" misalkan :
"angkat gelas buat juragan admin (dengan emoticon khasnya mr.smiley mengangkat sebuah mug penuh berisi bir (sekarang sudah dijadikan emoticon resmi kaskus)), wah..kenapa bisa kena hack begitu min si kaskus?"
Atau juga sapaan khasnya:
“Apa kabar gan? Kemana aja nih dah lama gak keliatan?”
Siapakah ID kaskus hitlerz yang menorehkan sejarah bagi kaskus ini, ini gambar pemilik ID tersebut.
http://cdn.kaskus.com/images/2013/06/17/5465947_20130617033254.jpg
2.     Pertamax
Istilah Pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Namun sayang rencana mempopulerkan kata Pertamax tidak berhasil karena blog tersebut kurang ramai di kunjungi sehingga istilah tersebut hanya dikenal oleh beberapa orang saja (tidak lebih dari 10 orang) akhirnya istilah Pertamax kembali muncul dan dipopulerkan oleh situs Komunitas Indonesia Terbesar Kaskus yang memiliki lebih dari 800.000 anggota, jumlah ini sudah tentu membuat kata Pertamax menjadi populer setelah diadopsi di situs KasKus. Jadi boleh dikatakan Kaskus yang membuat kata Pertamax menjadi terkenal.
Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.
Istilah pertamax ini digunakan apabila seseorang melakukan post pertama pada suatu thread, dan banyak yang menggunakan istilah gagal pertamax jika seseorang merasa dirinya tidak post pertama kali.
Entah kata pertamax ini populer di tahun berapa dan id kaskus siapa yang mempopulerkannya, namun ketika saya lihat id kafemotor beliau join pada tanggal 29-12-2006 sehingga bisa di simpulkan munculnya sekitar tahun 2006 atau 2007.
3.     Maho
Bagi para netter terutama para Kaskuser, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namany kata "Maho", kata yang bagi banyak kaskuser mempunyai kepanjangan Manusia Homo itu sudah akrab sekali di telinga para netter. Tapi tahukah anda bagaimana sejarah dan asal mula kata "Maho"?.
http://3.bp.blogspot.com/_6wWAvMOB4eQ/TTy6H3c9YPI/AAAAAAAADe4/Y68Xe8B3JZw/s1600/9.jpg
Berikut ini sedikit uraiannya. Sekitar tahun 2008 di lounge kaskus, ada seorang member yang cukup menarik perhatian yaitu AppleBread ke4. kenapa menarik perhatian? karena ia selalu menyelipkan kata: "~maho maho maho" di setiap postingannya dan seringkali mendapat pertamax, waktu berlalu dan tiba-tiba para kaskuser mulai mengangkat topik kata maho yang sering dibubuhkan oleh AppleBread ke4 ini. Mulai bermunculan thread-thread baru untuk membahas apa arti kata maho, ada yg bilang salam yahudi lah, ada juga yang bilang bahasa lain disaat sedang panas-panasnya kata maho itu. Dan entah sejak kapan ada kaskuser yg memplesetkan kata maho itu menjadi manusia homo yg ditunjukkan ke sang AppleBread ke4. Dan mulailah kata maho artinya menjadi manusia homo.
Tapi fakta sebenarnya terungkap, menurut info kata maho yang sering digunakan applebread ke4 berasal dari salah satu anime kesukaannya, tapi kata maho terlanjur melekat menjadi manusia homo, bahkan hingga sekarang.
4.     Sundul
SUNDUL adalah istilah adopsi dari kaskus.co.id yang sangat populer dimana-mana. Sundul gan adalah istilah yang digunakan untuk mengembalikan suatu thread ke bagian terdepan halaman sub-forum tempat thread itu berada. Di tengah ramainya lalu lintas posting dan thread baru di kaskus (dan juga forum dunia maya lainnya) maka halaman terdepan suatu sub forum hanya mampu menampilkan beberapa thread saja (sekitar 10-20 thread terbaru saja). Oleh karena itulah, jika jumlah thread sudah diatas 20, maka thread yang lainnya akan tampil di halaman berikutnya.
Dengan mengetik kata “Sundul Gan” pada thread yang sudah tenggelam, maka thread tersebut ada muncul kehalaman utama. Tujuannya hanya satu, agar thread tidak tenggelam, banyak dilihat orang dan tentunya jualan di kaskus/forum maya lainnya bisa selaris seperti jualan kacang rebus di pasar malam atau saat acara layar tancep di lapangan terdekat.
Mengapa seperti itu?
Karena setiap thread yang baru dibalas saat itu juga akan muncul di halaman terdepan/halaman 1 Sub forum yang bersangkutan tempat thread itu bersemayam.








C.  Kamus Besar Bahasa KASKUS
Untuk mengetahui lebih jauh apa saja kata-kata khas yang dimiliki KASKUS, berikut merupakan KBBK atau Kamus Besar Bahasa KASKUS.
List A-Z
A
Admin       = Adminitrator KASKUS. Biasanya merujuk ke Andrew Darwis
AFAIK       = As Far As I Know
AFK          = Away From Keyboard
Afgan        = Sadis (FJB)
Agan         = Kependekan dari juragan, panggilan sesama member KASKUS
Aganwati = Panggilan untuk member wanita KASKUS
Agreement = peraturan dari kaskus mengenai tata tertib dalam forum
AKA          = As Known As, alias
AKTB        = Akses Kaskus Tanpa Banner
Aktivis Kaskus = pangkat setingkat di atas Kaskuser, dengan jumlah post 500 – 749
Alay           = Anak Layangan, norak atau kampungan
AMH         = Anime Manga Haven (Nama Forum)
Ane           = Saya, aku
ASAP       = As Soon As Posible
Avatar       = Gambar identitas member

B
Banned ID= ID yang dilarang masuk, karena suatu kesalahan/ pelanggaran tertentu
Bata          = Reputasi jelek, ditandai dengan kotak kecil berwarna merah di bawah ID user
BB             = (1) Buka-bukaan, (2) Blackberry
BNIB         = Brand New In Box (FJB)
BNWOT    = Brand New Without Tag, barang baru tapi tidak ada tag harga & merknya (FJB)
BNWT       = Brand New With Tag
Boneng     = Benar
Bot            = Suatu program untuk menjalankan perintah otomatis
BP             = Berita Politik (Nama Forum)
BPLN        = Berita Politik Luar Negeri (Nama Forum)
BRB          = Be Right Back
Bro            = Brother
BRP          = Bad Reputation Point, Reputasi Buruk, Bata
BSH          = Barisan Sakit Hati
BTW         = By The Way
Buffering   = Waktu untuk menunggu loading video
Bukmak    = Bookmark
BW            = Bandwith, kecepatan akses
BWK         = Bandwith Killer, istilah untuk gambar berukuran besar

C
Captcha   = Fitur untuk menguji bahwa aktifitas tersebut  benar dilakukan oleh manusia, bukan bot.
Capcay     = Istilah lain captcha
Cendol      = Reputasi baik, ditandai dengan kotak kecil berwarna hijau di bawah ID user
CMIIW       = Corect Me If I Wrong
Co-Admin            = Yang membantu Administrator Kaskus
COD         = Cash On Delivery
Community = komunitas
Copas      = Copy Paste
CP            = Control Panel
CS                        = Customer Support KASKUS
Ctrl+D       = Bookmark
CYSTG     = Can You Solve This Game (Nama Forum)

D
DC            = Debate Club
Dejavu      = Istilah lain repost
Delon        = Derita Loe Nyet
DL             = Download
DPMP      = Digital Photography Manual Photography
Dopost     = Dobel Post
Dodol        = lambat, lemot, jelek
Donat        = istilah lain Donatur
Donatur    = member Kaskus yang melakukan donasi ke Kaskus
Donlot/Donlod = istilah lain Download
Download = menyalin berkas/file dari internet untuk disimpan di komputer
DP            = Disturbing Picture. Gambar yang tidak nyaman untuk dilihat


E
EF             = English Forum
Emoticon = simbol untuk mewakili ekpresi kita pada saat memposting thread atau komentar
Ente          = Kamu

F
FAQ          = Frequently Asked Question, pertanyaan yang sering ditanyakan
FBI            = Fans Bang Ipul, Ipul – Garnet Band
FJ              = Forum Jokes, Full Job
FJB           = Forum Jual Beli
Formil       = Forum Militer
Forsup      = Forum Supranatural
Founder    = Pendiri sebuah Groupee
Fovie        = Forum Movies
FR             = Field Report, laporan langsung dari lapangan
FR2           = Forum Kendaraan Roda Dua
FU             = Factory Unlocked
Fullset       = Istilah lain full aksesoris (FJB HP)
FYI             = For Your Information

G
G               = gue, saya
Gajebo     = Gak Jelas Bo
Gan           = juragan (bahasa Sunda), panggilan kepada sesama member Kaskus
Gathering = ngumpul bareng sesama member
Gokil         = lucu gila
GRP          = Good Reputation Point
Gw            = gue, saya

H
H2H          = Heart To Heart
Hansip      = report post, lapor penyalahgunaan
Hoax         = berita bohong, tidak bersumber
Hode         = Hoax Detected
Hot Thread = thread yang banyak direply dan masuk halaman depan Kaskus
Hot Trit      = istilah lain hot thread

I
ID              = Identitas, nama member
IGO           = Indonesian Girl Only
IGOers      = penggemar IGO
Ijo-ijo         = istilah lain cendol
Img            = Image
IMHO        = In My Humble Opinion
Inpo/Inpoh = Info
ISO/ISO 2000 = jumlah postingan 2000, bisa memberi cendol atau bata

J
Japri         = Jalur pribadi, istilah lain PM
Junk          = post yang tidak bermutu, tidak jelas, sampah
Junker       = oknum/pelaku Junk
Juragan    = panggilan kepada sesama member Kaskus
K
KASKUS = The Largest Indonesian Community
Kamsud    = istilah lain maksud
Kaskus Addict = pangkat setingkat di atas Kaskus Holic, dengan jumlah post 1.000 – 3.999
Kaskus Freak = pangkat setingkat di atas Kaskus Geek, dengan jumlah post 25.000 – 49.999
Kaskus Geek = pangkat setingkat di atas Kaskus Maniac, dengan jumlah post 10.000 – 24.999
Kaskus Holic = pangkat setingkat di atas Aktivis Kaskus, dengan jumlah post 750 – 999
Kaskus Maniac = pangkat setingkat di atas Kaskus Addict, dengan jumlah post 4.000 – 9.999
Kaskuser(1) = pangkat setingkat di atas Newbie, dengan jumlah post 100 – 499
Kaskuser(2) = sebutan untuk member Kaskus
KBBK       = Kamus Besar Bahasa KasKus
Klonengan = berasal dari kata klon, bukan ID sebenarnya, ID palsu, ID turunan
Kolor ijo    = istilah lain cendol, GRP
Komunitas = kumpulan beberapa orang yang mempunyai visi, misi, maksud dan tujuan
Kopdar     = Kopi Darat, ketemuan, ngumpul bareng
KSP          = Kritik Saran & Pertanyaan
Kulkas      = istilah untuk menyebut Control Panel
KW            = barang tiruan aslinya, makin kecil angka dibelakang KW makin baik kualitasnya

L
Lebay       = berlebihan
LOL           = Laugh out loud, tertawa terbahak-bahak
LMAO       = Laughing My Ass Off, hampir sama kayak LOL

M
Made in Kaskus = pangkat tertinggi di Kaskus, dengan jumlah post 50.000 atau lebih
Maho        = Manusia Homo, laki-laki pecinta sesama jenis
Maintenance = pemeliharaan server Kaskus
Maintenis = istilah lain dari Maintenance
Malingsial/Malingshit = sebutan untuk Malaysia
Mantab/Mangstab = istilah lain mantap
Megashit = Megaupload
Mikocok   = istilah lain Microsoft
Mimin        = istilah lain Administrator Kaskus
Mince        = istilah lain Administrator Kaskus
Mint Condition = barang masih dalam kondisi baru, belum pernah dipakai (FJB)
Moderator = orang kepercayaan administrator untuk menjaga forum
Momod     = istilah lain Moderator, sapaan Moderator
Mov           = Movie
Multi Quote = mengutip beberapa tulisan/komentar sekaligus, sementara fitur ini tidak aktif
Mysterious Man = Team Server KASKUS

N
Nais – Naiz = nice
Newbie     = new member, pemula, pangkat terendah dalam Kaskus, dengan jumlah post 0 – 99
Nocan       = Nomer Cantik
Nubi          = istilah lain newbie
Nubitol      = istilah lain newbie
Nyubi        = istilah lain newbie

O
OANC       = Outdoor Adventure & Nature Clubs
OC            = Ori Cina, barang KW yg hampir sama persis dari aslinya, Ori Copotan (FJB HP)
Offline       = tidak terhubung dalam jaringan
OL             = On Line
Ongkir       = Ongkos Kirim (FJB)
Online       = sedang terhubung dalam jaringan
OOT          = Out Of Topic

P
PARSI      = Persatuan Anti Repost Seluruh Indonesia
Perpakin = Persatuan Pertamax Indonesia
Pertamax = orang yang pertama kali me-reply suatu thread
PI               = Personal Insult (Soccer Room)
PM            = Private Message
Polishit     = istilah lain oknum polisi
Post          = mengirim, me-reply
Prikitiw     = preview


Q
Quote        = mengutip tulisan/komentar dalam suatu thread

R
Rapidshit  = rapidshare
Regional Leader = user yang dipercaya untuk mengatur forum regional user yang bersangkutan
Rekber     = Rekening Bersama
Repost      = Thread yang diulang, dimunculkan kembali
Req           = request
ROTFL     = Roll On The Floor Laughing, ketawa guling2
ROFLMAO = Roll On The Floor Laughing My Ass Off, ketawa ngakak guling2
Roy Sukro = Roy Suryo
Roy Suryo = pakar IT, sangat “terkenal” di Kaskus
RP             = Reputation Point, fitur di Kaskus untuk mengetahui reputasi user
RS            = Roy Suryo

S
Sedot        = istilah lain download
Setubuh    = istilah lain setuju
Share – Sharing = berbagi informasi
Signature = salah satu fasilitas di Kaskus yang kini “ditiadakan”
Sis – Sist             = Sister
Smiley      = simbol untuk mewakili ekpresi kita pada saat posting thread atau komentar
Sob           = kebalikan dari Bos, bisa berarti sobat
Sotosop   = istilah lain Photoshop, gambar editan
Sotoy        = sok tahu
SP             = Surat Pembaca
Speedy     = salah satu internet provider
Spidol       = Speedy dodol
Spoiler      = kotak yang digunakan untuk menyembunyikan file dalam setiap post
Status User = menujukan user dalam keadaan Online atau Offline di Kaskus
Sticky        = tempel, thread yang ditempel di halaman satu
Stupeedy = istilah lain speedy
SU             = Sofware Unlocked
Sukro        = istilah lain Roy Suryo
Sundul      = mengangkat trit ke permukaan (halaman pertama Sub-Forum) agar terlihat saat pertama kali membuka Sub-Forum
SWT         = Same With, So What, Sweat (berkeringat), So Wating Time


T
TBC          = Turut Berduka Cita
Tembus    = biasanya digunakan untuk menyamakan IMEI (FJB HP)
Thread Starter = orang yang membuat tulisan dalam forum
Thread      = tulisan atau buah pikiran seseorang dalam forum
TIA            = Thanks In Advance
TKP          = istilah lain link yang ada di Kaskus, Tempat Kejadian Perkara
Trit             = istilah lain thread
TS             = Thread Starter

U
Unduh       = download
Update     = pembaharuan
Used         = barang bekas pakai, second hand (FJB)
User          = istilah lain anggota, pengguna atau member

W
WTA         = Want To Ask
WTB         = Want To Buy
WTF          = Want To Find, What The F*ckWTH = What The Hell
WTK         = Want To Know, Welcome To Kaskus
WTS         = Want To Sell
WTT          = Want To Trade
Z
Zombie    = Biasanya merujuk pada thread yang sudah lama tidak aktif namun muncul kembali
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
            Bahasa KASKUS memiliki bahasa khas yang terkadang digunakan oleh masyarakat pengguna internet, ada juga kata-kata khas yang menjadi kata-kata khas yang banyak dikenal dari bahasa khas KASKUS dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti :
-       Juragan/Gan
-       Maho
-       Alay
-       Dll
Kata-kata tersebut menjadi booming dimasyarakat karena KASKUS merupakan Forum Terbesar di Indonesia yang banyak dikenal dan digunakan orang masyarakat pengguna internet Indonesia, sehingga secara tidak sengaja mereka menggunakan bahasa khas KASKUS untuk berinteraksi dengan kerabatnya dikehidupan nyatanya. Bahkan secara tidak sadar bahwa kita juga pernah menggunakan kata-kata yang berasal dari forum KASKUS ini.
Dan tentu saja banyak sekali pengaruh positif dari bahasa khas KASKUS ini, selain menjadikan ciri khas dari forum KASKUS, tapi juga menambah warna-warni dari bahasa Indonesia, dan menambah ragam bahasa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.








DAFTAR PUSTAKA


0 comments: